Media Arus Utama Masih Dipercaya Masyarakat

110 Views

“Semakin ke sini, orang semakin tidak percaya kepada media sosial. Sampai dengan saat ini, media arus utama masih menjadi media yang dipercaya oleh masyarakat.”

Demikiam kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutannya pada puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2019 yang mengambil tempat di lantai tiga Convention Hall, Grand City Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Dalam acara yang  bertemakan Penguatan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital  itu, Joko Widdodo memaparkan hasil riset Trust Barometer selama tiga tahun terakhir. Penelitian yang dilakukan lembaga tersebut menyebutkan data yang cukup mencengangkan. Data yang terkumpul selama tiga tahun itu menunjukan kepercayaan publik masih tinggi kepada media arus utama (main stream) jika dibandingkan dengan informasi yang bersumber dari media sosial.

Ada tren peningkatan kepercayaan publik kepada media main stream. Pada Tahun 2016 misalnya, tingkat kepercayaan publik kepada media arus utama lebih tinggi sebesar 59 persen dibanding media sosial yaitu 41 persen. Meskipun sedikit menurun pada 2017 menjadi 58 persen berbanding 42 persen, angka yang ada kembali meningkat menjadi 63 persen berbanding 37 persen di tahun 2018.

Lebih lanjut, Presiden RI ke tujuh tersebut berharap agar media-media kredibel yang telah terverivikasi dapat menjadi rumah penjernih informasi, bisa menjadipengeras suara kebenaran untuk melawan penyebaran segala bentuk informasi palsu (hoax). Harapannya adalah agar masyararakat bisa mendapatkan informasi yang sebetulnya berdasarkan data, berdasarkan fakta bukan berdasarkan opini ataupun berdasarkan informasi dari sumber yang tidak jelas.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Menkominfo Rudiantara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi K. Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata Arie Yahya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ohana Yembise, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Ketua MPR Zulkili Hasan dan Ketua DPD RI Oesman Sapta.

Turut hadir Dalam acara yang dimajukan ke pukul 08.30 WIB itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jendral Tito Karnavian, para Duta Besar negara sahabat, para Gubernur, tokoh pers seperti Surya Paloh dan Chairul Tanjung dan Ketua PWI Atal Depri. (VG)

No comments