Gubernur VBL : Sensus Penduduk amat Penting di NTT

150 Views

DALAM rangka mendukung pelaksanaan program Pemerintah Pusat yakni Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 di Provinsi NTT, Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT menggelar Bakohumas.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dalam sambutan yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekda NTT, Cosmas D. Lana, SH, M.Si mengajak, seluruh warga NTT untuk terlibat aktif dalam mensukseskan kegiatan SP ini.

“SP tahun 2020 ini amat penting, karena pemerintah melalui Badan Pusat Statistik melakukan perekaman langsung data penduduk, menyediakan data jumlah penduduk baik secara de facto maupun de jure, juga menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk,” ungkap Kosmas D. Lana di depan peserta Bakohumas di Aula Raffa Hotel Ima Kupang, Selasa (25/02/2020).

Menurut dia, SP tahun 2020 ini merupakan jembatan menuju Satu Data Kependudukan Indonesia, yaitu sebuah kebijakan tata kelola Data Pemerintahan untuk menghasilkan data yang akurat, muktahir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hadir Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si sebagai moderator. Sedangkan narasumber masing-masing Kepala BPS Provinsi NTT, Darwis Sitorus, S.Si,.M.S.i dan pakar kependudukan Undana Kupang, Prof. Dr. Ir. I Gusti Bagus Arjana, MS.

Darwis Sitorus menyampaikan tentang tata cara mengikutin sensus penduduk sekaligus mengajak peserta kegiatan agar jangan sampai ketinggalan mengikuti kegiatan sensus penduduk tahun 2020.

Diungkapkan bahwa sensus tahun 2020 ini merupakan sensus ke 7 di Indonesia, dan ada 54 negara di dunia yang juga melakukan kegiatan yang sama.

Darwis juga menjelaskan sambil memberikan simulasi tata cara mengisi data dalam SP online dan data apa saja yanh harus disiapkan terlebih dahulu sebelum mulai mengisi SP online.

Dalam pengisian SP online, sebut Darwi, pengguna wajib membuat password sehingga bisa memudahkan pengguna untuk masuk kembali ke website SP online dan melengkapi data yang belum lengkap, sekaligus agar bisa menjamin keamanan data tiap pengguna dalam hal ini masyarakat yang mengisi SP online.

Di tempat yang sama, Prof. I Gusti Bagus Arjana akan menyampaikan dampak strategis data kependudukan yang akurat, dalam menunjang pembangunan mewujudkan NTT Bangkit NTT Sejahtera.

Bakohumas di Aula Raffa Hotel Ima Kupang, Selasa (25/02/2020).

Ikut hadir dalam pertemuan Bakohumas antara lain perwakilan Sinone GMIT  Pdt. Guten Selan, perwakilan Forkompinda tingkat Provinsi NTT, para ASN dan rekan-rekan media pers.

  • Penulis: Olin Djurumana/Pelaksana Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT.

No comments