Kadis Kesehatan Provinsi NTT yang juga Sekretaris 1 gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT, Dr. drg. Domi M. Mere, M.Kes mengumumkan penambahan 1 pasien positif virus corona di NTT, Rabu (06/05/2020) sore. Didampingi juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT yang juga Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si.

NTT Tambah 1 Positif, Gubernur VBL: Berapapun Jumlah Pasien Covid-19 akan Diobati

2,330 Views

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) yang juga Ketua Umum gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Provinsi NTT menegaskan, berapa pun jumlah pasien; baik yang berstatus Orang Tanpa Gelaja (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun yang terkonfirmasi positif virus corona di Provinsi NTT akan diobat.

“Berapa saja kita obati, namanya orang sakit,” tandas Gubernur VBL menjawab pertanyaan pers di Kupang, Rabu (06/05/2020).

Gubernur VBL yang baru saja selesai menggelar video conference Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank NTT di gedung Sasando Jalan Raya El Tari Nomor 52 Kupang itu lebih lanjut menjelaskan, pasien yang telah diumumkan terkonfirmasi positif, mereka semua telah melewati masa inkubasi.

“Ini yang menarik. Situasi dan kondisi seperti ini harus kita jaga,” tandas Gubernur VBL sembari berharap, “situasi dan kondisi di NTT ini menjadi kekuatan bagi masyarakat di NTT.”

Gubernur juga mengapresiasi sikap taat dan patuh dari masyarakat yang senantiasa mengikuti protokol-protokol kesehatan baik WHO maupun otoritas pemerintah. “Kita selalu jaga jarak. Semua sesuai protokol Covid-19,” kata Gubernur.

Karena di Provinsi NTT, sebut Gubernur VBL, telah ada laboratorium PCR atau Polymerase Chain Reaction di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johanes Kupang maka semakin cepat diketahui sampel swab dari para pasien tersebut.

“Kita sudah punya laboratorium PCR. Mulai esok (Kamis, 7 Mei 2020) kita operasionalkan. Pagi dites sore sudah bisa diketahui hasilnya,” ucap Gubernur VBL yang saat itu didampingi Wagub NTT yang juga Wakil Ketua Umum gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT, Drs. Josef A. Nae Soi, MM.

  • Tambah 1 Pasien Positif

Sementara itu Kadis Kesehatan Provinsi NTT yang juga Sekretaris 1 gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT, Dr. drg. Domi M. Mere, M.Kes mengumumkan penambahan 1 pasien positif virus corona di NTT.

“Berdasarkan informasi dari laboratorium Pusat Penelitian dan Pengembangan Republik Indonesia di Jakarta, kami sampaikan bahwa untuk wilayah di NTT bertambah lagi 1 covid positif berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dikirim ke Jakarta. Itu berarti secara keseluruhan NTT sampai saat ini ada 12 yang positif Covid-19. 1 pasien telah sembuh dan 11 pasien saat ini sedang dalam perawatan,” jelas Dokter Domi kepada pers di ruang Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Rabu sore.

Menurut Dokter Domi, kasus baru ini berasal dari klaster kapal Lembelu. “Kami sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatannya untuk segera melalukan perawatan dan isolasi di rumah sakit. Sejak awal yang bersangkutan mendapatkan penanganan isolasi terpusat di Larantuka,” ungkap mantan Direktur RSUD Prof. Dr. W.Z. Johanes Kupang.

Menurut rencana sebut Dokter Domi, esok Kamis (07/05/2020) Gubernur NTT akan meninjau laboratorium PCR di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johanes Kupang.

“Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan bahwa untuk  mempercepat informasi penanganan Covid-19 esok dilakukan pelayanan pemeriksaan swab tes di RSUD Prof. W. Z. Johanes; yang akan ditinjau secara langsung oleh Bapak Gubernur. Persiapan sudah dilakukan, termasuk kunjungan Bapak Gubernur beserta Ketua Pelaksana gugus tugas penanganan covid-19 di NTT, Bapak Sekretaris Daerah Provinsi NTT,” jelas Dokter Domi, yang saat itu didampingi juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT yang juga Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si.

Penulis: Valeri Guru/Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT.

No comments