Helicopter milik BNPB Kabupaten Mabar yang membawa hasil swab dan menjemput alat swab dan obat-obatan guna percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur tiba di Bandara El Tari Kupang Minggu, (17/05/2020).

Helicopter  BNPB Bawa Sampel Swab dan Drop Obat-obatan

381 Views

Kadis Kesehatan Provinsi NTT yang juga Sekretaris 1 gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Provinsi NTT, Dr. drg. Domi M. Mere, M.Kes mengakui, pihaknya meminta bantuan Helicopter  milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana  (BNPB) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) untuk  membawa hasil swab dan menjemput alat swab dan obat-obatan guna percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Minggu (17/05/2020).

Sebagaimana diketahui, kedatangan helicopter  tersebut pada pukul 13.05 wita bertempat di Bandara El Tari Kupang dengan nomor penerbangan BK 117 / PK-CFS bersama Crew PIC. Capt. Eko Novie N, SIC. Capt. Randi P, EOB. M Isaneni dan HLO. Cecep Kemal yang membawa hasil swab dengan rute Bandara Komodo Labuan Bajo – Ruteng Manggarai – Frans Seda Maumere – Lewoleba Lembata – El Tari Kupang NTT – Komodo Labuan Bajo.

Ikut hadir petugas ASVEC dan AMC Bandara El Tari Kupang; Staf Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Agustinus Hermanus, petugas UPT Lab. Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi NTT, staf Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara El Tari Kupang, Kepala Pelaksana BPBD Manggarai Barat, Dominikus Hawan, staf KKP Bandara Komodo Labuan Bajo,  Kasie Logistik BPBD Provinsi NTT, Gasper Losa Manisa.

Adapun data barang yang di turunkan dari pesawat helicopter adalah  sampel hasil swab sebanyak 61 sampel dengan rincian : Kabupaten Manggarai Barat sebanyak  27 sampel; Kabupaten Manggarai sebanyak 1 sampel, Kabupaten Sikka sebanyak 19 sampel; dan Kabupaten Lembata 14 sampel.

Sedangkan barang yang diangkut menuju Kabupaten Mabar antara lain: VTM Kit sebanyak 200 buah; DACRON Kit sebanyak 400 buah, obat-obatan, vaksin dan peralatan kesehatan untuk kebutuhan medis kesehatan di Kabupaten Mabar.

“Helicopter telah kembali ke Labuan Bajo dan telah tiba dengan selamat,” ucap Dokter Domi kepada pers di Kupang, Minggu (17/05/2020) sore. (Valeri Guru/Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)

One comment