Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg. Domi Mere, M.Kes menyampaikan keterangan kepada pers di ruangan Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Senin (18/05/2020). Saat itu, dokter Domi didampingi juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT yang juga Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si.

Kasus Positif Covid-19 di NTT Bertambah Jadi 71 Orang

975 Views

Jumlah pasien Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Provinsi NTT terus bertambah dan kini menjadi 71 orang. “Dari 94 spesimen swab yang diperiksa di labotatorium biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, diketahui ada 3 spesimen swab yang menunjukkan terkonfirmasi positif Covid-19. Ketiganyanya berasal dari Kabupaten Ende dengan klaster Gowa dan kini sedang diisolasikan di RSU Ende,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg. Domi Mere, M.Kes kepada pers di ruangan Biro Humas dan Protokol, Senin (18/05/2020).

Saat itu, dokter Domi didampingi juru bicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT yang juga Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si

Lebih lanjut Dokter Domi yang juga Sekretaris 1 gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT mengatakan, bahwa dari ketiga pasien di Kabupaten Ende tersebut merupakan satu kerabat sehingga memudahkan untuk dilakukan tracking atau penelusuran dan saat ini petugas di Kabupaten Ende telah berkoordinasi dengan para pihak untuk lakukan tracking secara detil.

“Dengan penambahan 3 kasus positif Covid-19 tersebut maka NTT saat ini mencapai angka 71. Pasien sembuh ada 6 orang, yang meninggal 1, yang sedang dirawat berjumlah 61 orang ditambah 3 orang dari Kabupaten Ende,” jelasnya.

Ia merincikan masing-masing pasien berdasarkam kabupaten/kota diantaranya Kabupaten Sikka 26, Kota Kupang 15 orang, Manggarai Barat 12, Sumba Timur 7, Ende 4 kasus, Rote 2, TTS 2, Manggarai 1, Flotim 1, dan Nagekeo 1.

“Dari 22 kabupaten/kota sudah ada 10 kabupaten/kota di NTT yang terpapar Covid-19 terkonfirmasi positif. Saat ini dari seluruh rumah sakit di 10 kabupaten / kota tersebut sedang melakukan penatalaksanaan untuk penanganan pasien Covid-19 tersebut. Kita doakan mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama; jumlah pasien sembuh juga meningkat,” ungkap dokter Domi.

“Kita juga harus memberikan apresiasi kepada Direktur RSUD Prof W.Z. Johannes dan jajarannya karena pada hari minggu, tim dari laboratorium biomolekuler tanpa henti bekerja untuk menyelesaikan pemeriksaan rujukan sampel swab yang dikirim ke RSUD WZ Johanes Kupang. Sebagaimana kami laporkan kemarin bahwa dengan bantuan dari BPDD Manggarai Barat dengan helikopter dari Labuan Bajo telah mengumpulkan sampel swab yang ada di Manggarai Barat, Ruteng, Maumere dan Lembata,” tutur dokter Domi yang juga mantan Direktur RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang.

“Dalam perencanaan kita juga akan ambil sampel swab yang ada di daratan Sumba. Karena dilaporkan sudah ada 50 lebih sampel swab yang ada di Sumba yang siap dikirim ke Kupang namun karena terbatas sarana trannsportasi maka Bapak Gubernur melalui Gugus Tugas Penagangan Covid-19 Provinai NTT mengambil langkah-langkah untuk mempercepat pengangkutan menggunakan sarana transportasi khusus,” katanya.

Ia menjelaskan, pihak Gugus Tugas Provinsi NTT akan selalu mengupdate data manakala sudah ada laporan dari tim RSUD Prof. Dr. W.Z.  Johanes Kupang.

“Sebagaimana kami sampaikan pada pertemuan kemarin bahwa informasi dari laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan ada 23 yang terkonfirmasi positif. Namun setelah dicek nama-nama tersebut sudah ada dalam laporan kita berdasarkan hasil pemeriksaan di RSUD Prof W.Z. Johanes kupang, dan sebagimana diketahui setiap laporan yang dikirim oleh tim laboratorium biomolekuler RSUD Prof W.Z. Johanes Kupang mengenai konfirmasi jumlah positif Covid-19 maka kami harus laporkan ke Gugus Tugas Nasional dan ke Krisis Center Kementerian Kesehatan RI untuk juga dipublikasikan,” jelas Dokter Domi. (Meldo Nailopo/Pelaksana Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)

  1. Ya Tuhan Semoga besok tidak ada lagi penambahan yg psitif,dan yg sdang dirawat semoga cepat sembuh…
    #NTT_pasti_menang_melawan_covd19_semangat_negriku.

One comment