Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT yang juga Sekretaris 1 gugus tugas percepatan Covid-19 di Provinsi NTT, Dr. drg. Domi M. Mere, M.Kes menyampaikan keterangan kepada pers di Kupang, Sabtu (16/05/2020) siang.

Tembus 68 positif Covid-19 di NTT

251 Views

Eskalasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Provinsi NTT terus meningkat. Tren pertambahan jumlah pasien yang terpapar positif virus corona semakin meningkat dari hari ke hari. Hingga Minggu, 17 Mei 2020 ada 68 pasien positif Covid-19 di Provinsi NTT. Berikut penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT yang juga Sekretaris 1 gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT, Dr. drg. Domi M. Mere, M.Kes berikut ini :

“Hari ini kami akan mengupdate kembali hasil pemeriksaan swab pada laboratorium  biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johanes Kupang. Informasi tersebut. akan disampaikan langsung oleh Bapak Kepala Dinas Provinsi NTT,” ucap jubir gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Provinsi NTT, yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si sesaat kemudian mempersilakan dokter Domi untuk menyampaikan hasil swab kepada pers di Kupang, Minggu sore.

Kami menyampaikan bahwa dari hasil pemeriksaan swab pada laboratorium  Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johanes Kupang diperoleh informasi bertambah 9 kasus  Covid-19 terkonfrimasi positif dengan rincian : Kabupaten Sikka ada 5 kasus yang berasal dari klaster Gowa; Kabupaten Sumba Timur ada 3 yang positif dari klaster STT Sangkakala, dan 1 kabupaten baru yaitu Kabupaten Manggarai, kasus 1 positif Covid-19 terkonfrimasi dari klaster Gowa.

Untuk itu secara kesuluruhan Provinsi NTT bertambah 9 kasus Covid-19 menjadi 68 orang; yang sembuh ada 6 dan yang meinggal 1. Saat ini sedang dalam perawatan ada 61 orang. Dengan rincian sebagai berikut :

  1. Kabupaten Sikka : 26 pasien Covid-19
  2. Kota Kupang : 15 pasien Covid-19
  3. Manggarai Barat : 12 pasien Covid-19
  4. Sumba Timur : tambah 3 menjadi 7
  5. Rote Ndao : 2 pasien Covid-19
  6. TTS : 2 pasien Covid-19
  7. Ende : 1 pasien Covid-19
  8. Nagekeo : 1 pasien Covid-19
  9. Manggarai : 1 pasien Covid-19

“Pemerintah terus berupaya untuk memastikan informasi yang berkaitan dengan rujukan swab yang dikirim teman-teman dari kabupaten. Walaupun libur kami tetap bertugas. Kita ingin agar semua swab yang dikirim segara diperiksa dan cepat diketahui oleh teman – teman di kabupaten. Agar pemerintah di daerah juga dapat mengambil tindakan untuk menindak lanjutinya. Kita akan terus mengupdate perkembangan Covid-19 di Provinsi NTT,” ucap dokter Domi. (Valeri Guru/Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)

No comments