Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si

Idul Fitri Dirayakan dalam Suasana Prihatin Karena Covid-19

283 Views

Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah kepada seluruh umat muslim di Provinsi NTT. “Kita merayakan Idul Fitri di dalam keprihatinan; karena pandemi virus corona. Namun  demikian tidak mengurangi rasa persaudaraan dan persahabatan di antara kita,” tandas Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si kepada pers di Kupang, Sabtu (23/05/2020).

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT, Drs. Josef A. Nae Soi, MM sebut Marius, sangat mengharapkan agar suasana Idul Fitri tahun ini dirayakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Takbiran keliling cukup dilakukan di masjid atau mushola dengan menggunakan pengeras suara tentu dengan menjaga protokol-protokol kesehatan. Pesantren kilat dilakukan secara online dan silahturahim atau halalbihalal yang lazimnya dilaksanakan ketika hari raya Idul Fitri bisa dilakukan melalui media sosial atau video call dan video conference,” sebut Marius.

Meski perayaan Idul Fitri dirayakan dalam suasana pandemic Covid-19 namun Marius tetap optimis virus corona akan bisa dihentikan penyebarannya di Provinsi NTT tatkala masyarakat taat dan patuh terhadap protokol kesehatan yang ditetapkan WHO dan otoritas pemerintah.

“Walaupun kita berada di suasana memprihatinkan karena pandemi vrius corona namun kita juga tetap mempunyai harapan; kita selalu menjaga semua protokol kesehatan. Hari ini (Sabtu, 23 Mei 2020) kita mendapat berita gembira, karena dari 48 sampel yang diperiksa di laboratorium biomolekuler RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang semuanya negatif. Tentu kita berharap sampel-sampel yang lain juga seperti itu,” dia dia sembari menambahkan, “Nanti kita akan melihat perkembangannya kedepan dan juga 1 orang dari klaster Sukabumi sembuh. Itu berarti yang sudah sembuh ada 7 orang.”

Sebagaimana diketahui data perkembangan OTG, ODP, PDP & pasien konfirmasi positif Covid-19 di wilayah NTT, Sabtu 23 MEI 2020 hingga pukul 20.00 wita dapat dirincikan sebagai berikut:

ODP :

Total : 1.759 ODP

Sembuh/selesai Pemantauan : 1.528 ODP

Meninggal : 4 ODP

Total ODP saat ini yang masih dipantau/dirawat : 227 ODP

PDP :

Total : 85 PDP

Sembuh : 57 PDP

Meninggal : 12 PDP

Total PDP saat ini yang masih dirawat/Karantina : 16 PDP

Positif:

Konfirmasi : 82 Kasus

Sembuh : 7 Kasus (Kota Kupang)

Meninggal : 1 Kasus (Kota Kupang)

Saat Ini : 74 Kasus (Kota Kupang/12 kasus, TTS/3 kasus, Sikka/26 kasus, Sumba Timur/7 kasus, Rote Ndao/2 kasus, Manggarai Barat/12 kasus, Ende/6 kasus, Nagekeo/1 kasus, Manggarai/1 kasus dan Flores Timur/1 kasus)

Selain ODP dan PDP, disampaikan juga bahwa total Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 1.057 Orang dengan perincian :

-OTG yang selesai dipantau : 309 OTG

-OTG yang tersisa saat ini sebanyak 748 OTG.

Dapat pula disampaikan bahwa hingga saat ini sebanyak 738 sampel telah dikirimkan dan hasilnya adalah 435 sampel hasil Laboratorium yang negatif, 93 sampel hasil Laboratorium Positif (7 Sembuh, 1 Meninggal dan 74 Saat Ini) dan 210 sampel belum ada hasil. (Valeri Guru/Kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT)

No comments