Daun kelor atau the drumstick tree mengandung senyawa yang bersifat antijamur, antivirus, antidepresan, serta anti-inflamasi. Daun kelor merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral cukup tinggi. Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6, serta vitamin C. Daun kelor juga memiliki kandungan penting lainnya seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, serta rendah kalori. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh. Daun kelor juga memberikan khasiat untuk kecantikan kulit. Daun ini mengandung protein dan vitamin C yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Bahkan, daun kelor juga dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut. Untuk dijadikan perawatan kulit dan rambut, Anda bisa menjadikan daun kelor sebagai masker.
Anda bisa memakan daun kelor mentah seperti lalapan. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi daun kelor jika melebihi empat jam setelah dipetik dari pohonnya. Daun ini mudah mengalami proses fermentasi, terlihat dari daunnya yang cepat layu dan menguning. Ketika daun keluor sudah menguning, maka kandungan nutrisinya bakal berkurang.
- Petik daun kelor yang masih segar dan muda. Letaknya di dekat pucuk dan berwarna hijau muda. - Rendam daun kelor di dalam air bersih untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel. - Keringkan daun kelor setelah dicuci. Caranya, letakkan daun kelor di nampan, kemudian simpan di udara terbuka. Sebaiknya jangan letakkan daun kelor di bawah sinar matahari langsung karena bisa membuat kandungan gizinya berkurang. - Jika daun kelor sudah kering, tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk halus. - Simpan daun kelor yang sudah menjadi bubuk di dalam wadah khusus. Kemudian harus diletakkan di tempat yang sejuk agar menghilangkan enzim oksidatif yang membuat daun kelor bubuk tak bisa disimpan lama. Daun kelor pun bisa tahan lama meski tanpa bahan pengawet. - Ketika ingin membuat teh, ambil 1 atau 2 sendok makan daun kelor bubuk, lalu seduh dengan air panas. Anda bisa menambahkan madu jika menginginkan rasa yang lebih manis. Konsumsi teh daun kelor dalam keadaan hangat.
Selain mengonsumsinya secara mentah dan dibuat teh, Anda juga bisa mengolah daun kelor menjadi sayur bening. Caranya cukup mudah. Tak kalah dengan sayur bayam, sayur bening daun kelor juga tetap memberikan ragam manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Anda perlu menyiapkan satu mangkuk daun kelor muda yang masih segar, jagung manis, tambahkan irisan oyong dan wortel, siapkan satu buah tomat dan daun kemangi. Untuk bumbunya, Anda bisa mencampurkan empat siung bawang merah yang telah diiris halus, satu sentimeter temu kunci, serta tambahkan gula pasir dan garam secukupnya.
1. Menurunkan berat badan 2. Menghilangkan flek hitam 3. Baik untuk ibu menyusui 4. Meningkatkan kesehatan mata 5. Mencegah kanker 6. Menurunkan risiko penyakit ginjal 7. Memperlambat penuaan dini 8. Mengobati rematik 9. Memelihara kesehatan jantung 10. Mengatasi diabetes 11. Melancarkan kesehatan pencernaan 12. Mengurangi peradangan 13. Melindungi tubuh dari bakteri 14. Menyehatkan kulit 15. Menurunkan tekanan darah tinggi 16. Mengatasi stres 17. Meningkatkan kinerja otak 18. Menurunkan kolesterol 19. Mencegah anemia 20. Menjaga kesehatan otot 21. Mencegah kerusakan hati 22. Menjaga kepadatan dan kekuatan tulang
Tanaman ini sudah tidak asing lagi terdengar bukan? Yap, sering kita dengar bahwa tanaman ini dapat mengusir dan menangkal setan banyak pula para pendahulu yang menggunakan daun ini di kala ada seseorang yang kerasukan setan, dengan cara menyabet secara perlahan pada tubuh seseorang yang sedang di rasuki niscaya orang tersebut akan sadar kembali. Ada pula yang yang menaruh daun kelor ini pada kendaraan mereka supaya terhindar dari hal – hal negatif. Di jaman sekarang masih banyak pula yang menggunakan daun kelor ini untuk menagkal dan mengusir energi negatif.
Tanaman yang sudah tidak asing ini memiliki manfaat sama seperti halnya Bunga Mawar. Dapat merangkap energi negatif dan menetralisir serangan santet dan energi negatif lainnya, tumbunhan yang biasa tumbuh di dataran gurun ini dan tidak rumit dalam perawatannya boleh di coba menanamnya di halaman rumah kalian selain menangkal energi negatif konon katanya tumbuhan ini dapat menarik energi rejeki
Hampir mirip dengan tanaman jahe, para pendahulu atau nenek moyang kita banyak menggunakan tanaman ini untuk mengusir dan mencegah setan atau energi negatif, biasanya mereka sering menggunakan Bengle pada bayi yang baru lahir agar bayi tersebut terlindungi dari energi negatif. Atau dapat menaruhnya di depan pintu rumah atau di ruangan tertentu yang menurut kalian rasa memiliki aura negatif.
Tanaman ini di percaya dapat menangkal dan mengusir setan serta energi negatif. Bentuk bambu ini berbeda dari bambu pada umumnya, Bambu Kuning memiliki batang yang lebih kecil dan berwarna kuning, Biasanya banyak yang meletakkan Bambu Kuning ini di pagar rumah agar energi negatif tidak masuk ke dalam rumah. Konon katanya bambu kuning juga dapat mencegah perampokan atau maling, karna khasiatnya yang dapat mencegah hal – hal negatif.